Profil Sekolah
SLB Negeri Gedangan Sidoarjo merupakan sekolah rujukan untuk anak berkebutuhan khusus di Jawa Timur. SLBN Gedangan memberikan layanan pendidikan bagi berbagai jenis kebutuhan khusus. Oleh karena kekhasan dan kekhususan proses belajar mengajar anak berkebutuhan khusus, maka diperlukan tenaga pendidik yang memiliki wawasan dan kompetensi mengenai Pendidikan Luar Biasa.
Maka dari itu, Departemen P dan K dengan Surat Putusan Nomor 24954/Kab tertanggal 26 Juli 1952 didirikanlah Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa (SGPLB) Negeri Surabaya. Karena indikasi naiknya jumlah anak berkebutuhan khusus, SGPLB Negeri Surabaya yang bertempat di Jl. A. Yani no 6-8 mendirikan lembaga pendidikan yang bernama SD Labotarium SGPLB Negeri Surabaya pada tahun 1980. Sehubungan dengan bertambahnya jumlah murid di SD Labotarium SGPLB, maka diperlukan beberapa fasilitas yang memadai seperti ruang belajar, ruang terapi, dsb.
Namun, selain itu juga membutuhkan tenaga pendidik yang memiliki pemahaman tentang anak berkebutuhan khusus. Untuk menangani masalah tersebut, beberapa tokoh pendiri mengajukan bantuan dari luar negeri. Setelah dilakukan pengajian atas pengajuan tersebut, pengajuan tersebut diterima oleh pihak luar negeri. Kemudian Drs. tadji Pranoti diberikan tawaran untuk memilih lokasi SGPLB Negeri Surabaya dan SD Labotarium SGPLB di Lidah Wetan Surabaya atau di Gedangan Sidoarjo. Dan dipilihlah lokasi di Gedangan Sidoarjo pada tahun 1989 dengan sementara waktu kegiatan administrasi masih berada di SGPLB Hegeri Surabaya. Dengan adanya alih fungsi kelembagaan, SD Labotarium SGPLB resmi berubah menjadi SLB Negeri Gedangan pada tahun 1996-1997.
Mayoritas pada saat itu, siswa-siswi yang bersekolah di SLB Negeri Gedangan memiliki ketunaan seperti, tunagrahita dan tunarungu-wicara. Dengan memperhatikan meningkatnya anak berkebutuhan khusus, SLB Negeri Gedangan membuka semua jurusan ketunaan mulai dari tunanetra (A), tunarungu (B), tunagrahita (C), tunadaksa (D), dan autis. Semakin lama siswa siswi SLB Negeri Gedangan mengalami perubahan yang cukup baik di bidang akademik maupun non akademik dengan keanekaragaman kemampuan mereka. Semua itu berkat kerjasama dari Kepala Sekolah, Guru, karyawan, komite sekolah dan tak lupa juga semua siswa-siswi SLB Negeri Gedangan.
Terwujudnya peserta didik yang berkarakter, berprestasi, dan mandiri
1. Mengembangkan prestasi akademik peserta didik berkebutuhan
khusus.
2. Mengembangkan prestasi di bidang seni dan olahraga.
3. Mengembangkan karakter peserta didik berkebutuhan khusus.
4. Mengembangkan keterampilan vokasional / life skill peserta didik
berkebutuhan khusus.
5. Menjadi pusat sumber (resource center) pengembangan sekolah
inklusi.
Managed By ABK Istimewa
@2022 - 2024